Kesiapan SMK Negeri Tempeh dalam Menghadapi UNBK 2017

10 Februari 2017
03:15:58 WIB

SMKN Tempeh -- Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

                UNBK sendiri merupakan kepanjangan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Mulai tahun ini (2017) SMK Negeri Tempeh akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan merupakan satu – satunya sekolah di Kecamatan Tempeh yang akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Persiapan sudah dilakukan mulai akhir semester ganjil 2016/2017, mulai dari penyediaan sarana dan prasarana penting seperti Ruang Ujian, Komputer dan sarana penunjang lainnya. SMK Negeri Tempeh menyediakan Ruang UNBK sebanyak 4 Ruang, yakni menempati 2 Ruang Lab. Multimedia, 1 Lab. KKPI dan 1 Lab. TKJ yang berisi masing – masing 20 komputer.

Tersedianya sarana dan prasarana ini juga tidak luput dari kerja keras tim sarpras dalam meyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti penyediaan perangkat computer dan alat penunjang lainnya. Keberadaan Petugas Laboratorium juga tidak kalah penting dalam penyelenggaraan UNBK, yang juga merupakan syarat penting yang harus dipenuhi. Minimal untuk setiap Ruang Ujian tersedia 2 orang yang bertugas sebagai teknis dan Proktor. Di SMK Negeri Tempeh jumlah proktor yakni sebanyak 4 orang dan teknisi sebanyak 2 orang.

Berbicara mengenai proktor dan teknisi, sebenarnya fungsi atau tugas mereka apa? Berikut ulasannya.

Pertama, tugas proktor pada saat pelaksanaan UNBK yakni :

1. memastikan XAMBRO sudah terbuka dan berfungsi di seluruh komputer peserta

2. meliris token melalui CBTSync ke server pusat beberapa menit sebelum peserta memasukkan TOKEN

3. mengumumkan TOKEN UJIAN kepada peserta;

4. memastikan virtual machine di server selalu dalam kondisi aktif dan terkoneksi internet selama tes berlangsung;

5. khusus untuk ujian Listening mata pelajaran bahasa inggris:

a. menginformasikan kepada peserta bahwa untuk ujian bahasa inggris listening comprehension, peserta menjawab di komputer,

b. rekaman bisa didengarkan melalui headset. Setiap listening hanya bisa digunakan sekali saja dengan dua kali diperdengarkan.

6. dalam kondisi server tidak dapat terkoneksi dengan internet, maka untuk dapat memulai ujian harus meminta token offline ke petugas pusat.

7. apabila ada gangguan teknis yang menyebabkan peserta keluar tes tanpa logout sehingga relogin, maka:

a. mengaktifkan internet untuk dapat terkoneksi dengan server pusat, dan pastikan CBTSync dalam keadaan aktif atau terkoneksi dengan server pusat,

b. mengupdate token UJIAN secara online ke pusat karena token berubah setiap 15 menit (lihat manual CBTSync),

c. mereset peserta yang bersangkutan (lihat manual CBTSync),

d. menginformasikan token ke Pengawas untuk diisikan ke komputer peserta.

Sedangkan tugas teknisi selama pelaksanaan UNBK, yakni :

1. menjaga jaringan LAN agar berfungsi dengan baik;

2. berjaga di ruang panitia atau ruang khusus teknisi;

3. menangani gangguan teknis jaringan, komputer server lokal, dan komputer peserta setelah mendapat informasi dari Pengawas;

4. segera menangani peserta yang mengalami masalah teknis komputer;

5. melakukan perbaikan komputer yang error tanpa mengganggu peserta ujian;

6. jika terjadi gangguan jaringan di suatu ruangan dan tidak bisa terselesaikan lebih dari 50 menit melaporkan ke ketua panitia sekolah/madrasah pelaksana UNBK;

Siswa yang mengikuti UNBK tahun 2017 ini sebanyak 132 Orang, dengan rincian Kompetensi Keahlian TKJ sebanyak 32 Orang, Multimedia sebanyak 24 Orang, TSM sebanyak 35 Orang, DPK Tekstil sebanyak 12 Orang, DPK Logam sebanyak 12 Orang, dan DKV sebanyak 27 Orang.

Mengenai persiapan siswa yang kaan melaksanakan UNBK 2017, persiapan apa sajakah yang sudah dan akan dilaksanakan para peserta UNBK SMK Negeri Tempeh? Pertama, para siswa sudah melaksanakan Try Out I yang dilaksanakan pada akhir semester Ganjil 2016/2017 / sebelum Ujian Semester. Kedua, Para siswa suah melakukan Simulasi UNBK I yang dilaksnakan pada tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2016. Sedangkan untuk Simulasi UNBK II dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 16 Februari 2017.

Pada saat pelaksanaan UNBK yakni tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017 Pseserta UNBK akan dibagi menjadi dua gelombang/sesi yakni sesi I yang akan dilaksanakan pada pukul 07.30 – 09.30 WIB, sedangkan untuk sesi II akan dilaksanakan pada pukul 10.30 – 12.30 WIB. Pembagian ini dimaksudkan karena untuk setiap lab/ruang berisi 20 orang saja, dan lab/ruang yang tersedia hanya 4 Ruang.

Adapun sesi ketiga yang dilaksanakan pada pukul 14.00 – 16.00 WIB. Pada sesi ini peserta bukan dari SMK negeri Tempeh melainkan dari SMK As- Syarifi, yang bergabung untuk melaksanakan UNBK 2017. Jumlah siswa yang ikut hanya berjumlah 34 orang yang berasal dari Kompetensi keahlian Multimedia.

Ibu Fita Rizki Amalia, S.Pd., selaku Waka Kurikulum menyampaikan bahwa “Semua SMK pada tahun pelajaran 2016/2017 dalam Pelaksanaan Ujian Nasional harus berbasis computer atau UNBK, karena dengan UNBK akan mendorong terwujudnya efektifitas, efisiensi, dan transparansi penyelenggaraan UN.” Beliau juga menyampaikan “Untuk Siswa – Siswi SMK Negeri Tempeh, Khususnya kelas XII yang akan melaksanakan UNBK, sekiranya untuk dapat mempersiapkan diri karena pelaksanaan UNBK sudah didepan mata. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan selalu berbakti kepada orang tua, karena ridho mereka juga ridho Allah SWT.”

Nah Itu tadi sedikit ulasan mengenai Persiapan SMK Negeri Tempeh dalam Pelaksanaan UNBK 2017. Pemerintah sendiri berharap dengan UNBK dapat terwujudnya tingkat kejujuran siswa dalam mengerjakan Soal Ujian Nasional, sehingga kualitas lulusan semakin berkualitas. Kalau sudah seperti itu kita sebgai siswa harus mulai belajar untuk tidak mencontek lagi karena selain kita mendapat dosa juga akan merugikan diri kita sendiri, karena kita tidak yakin dengan kemampuan kita sendiri. Sampai disini dulu… semoga untuk kakak kelas XII yang akan melaksanakan UNBK diberi kelancaran dalam mengerjakan soal. Amin.

0 Komentar

    Form Komentar

    Sambutan Kepala SMKN 1 Tempeh

    “Keberadaan Kami Mencerdaskan Anda”   Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera buat kita

    Agenda

    UNBK

    'Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk semua program keahlian akan dilaksanakan ...'

    SIMULASI II UNBK

    'Simulasi tahap ke-2 Ujian Nasional Berbasis Komputer akan dilaksanakan pada tgl ...'

    Lihat Semua Agenda