Mobil Keliling Pelatihan SMK Jatim, Beri Diklat Singkat Siswa TKJ dan TSM SMKN 1 Tempeh

15 Agustus 2017
06:40:24 WIB

 Kompetensi Keahlian siswa SMK terus diadaptasi dan ditingkatkan.Tak hanya melalui pembelajaran reguler di sekolah, kompetensi keahlian kejuruan siswa juga bisa didapatkan dari berbagai diklat langsung dengan praktisi dan narasumber teknis.

Untuk itu siswa-siswi SMK Negeri 1 Tempeh dari Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dipilih oleh sekolah untuk mengikuti Diklat Dari UPT PPPK JATIM. Setidaknya 120 siswa SMK Negeri 1 Tempeh, Kabupaten Lumajang. Selama Senin - Rabu, 24 s/d 26 Juli 2017, mereka berkesempatan mendapatkan pelatihan singkat peningkatan kompetensi keahlian siswa SMK se Jatim. Menariknya, program pelatihan ini digelar memanfaatkan Mobil keliling untuk pembelajaran. Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dengan materi Pengenalan Aplikasi Program elektronika, Pembuatan Lampu LED Berjalan, Lampu 7 Segment, Pembuatan Tulisan Berjalan di LCD, Pemrograman Tombol Button dan Materi Gabungan.

Pelatihan TKJ

Sedangkan untuk Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan materi Sistem EFI, Memeriksa Bahan bakar, Mengukur Tegangan EOT dan Me-reset mode. Siswa-siwi sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, sebanyak + 120 anak ikut dalam pelatihan Keliling ini, 60 anak dari kelas XI dan XII TKJ dan 60 anak dari Kelas XI dan XII TSM, yang dibagi menjadi 2 gelombang pada setiap sesi peltihan yakni 20 Orang.

TSM

Dalam pelatihan ini, mobil didatangkan bersama narasumber memberikan pelatihan, lengkap dengan alat-alat praktik. Adapun Pelatih untuk KOmpetensi Keahlian TKJ yaitu Bapak Agus Setyono, S.Pd. dan Jons Andri M, S.Si., sedangkan untuk Kompetensi keahlian TSM yaitu Bapak Mochammad Abduh SF., S.Pd. dan Bapak Agung Subekti, S.Pd.

Selama diklat berlangsung ini, peserta dibagi 2 gelombang, dengan lama pelatihan masing-masing + 6 jam pelajaran. Dengan adanya pembekalan tersebut diharapkan Siswa lebih faham mengenai pemograman sehingga pada saat bekerja langsung baik di bengkel produksi Siswa sudah punya persiapan bisa bekerja secara mandiri.

Menurut Rahmat Agung (Siswa yg mengikuti Pelatihan dari XII TSM), “Pelatihan Seperti ini sangat bermanfaat untuk kita, karena disamping mendapat ilmu di sekolah kita mendapat pengalaman dan keterampilan yang cukup untuk memasuki Dunia Industri. Untuk kedepannya mungkin pelatihan seperti ini juga perlu dilaksanakan oleh jurusan lain dan untuk waktunya mungkin bisa lebih diperpanjang.”

Drs. WIDODO SUDIYONO, M.M. Selaku Kepala SMK Negeri 1 Tempeh berharap dengan adanya diklat semacam ini siswanya dapat mengambil ilmunya. Dan juga mengatakan bahwa acara tersebut sangat membantu meningkatkan kompetensi dari peserta didiknya.
Diharapkan bahwa pendidikan dan pelatihan seperti ini terus berlanjut agar terus bisa meningkatkan SDM SMK yang handal di bidangnya. karena dengan bersekolah di SMK siswa akan mendapatkan pelajaran soft skills dan hard skills.

 

0 Komentar

    Form Komentar

    Sambutan Kepala SMKN 1 Tempeh

    “Keberadaan Kami Mencerdaskan Anda”   Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera buat kita

    Agenda

    SIMULASI II UNBK

    'Simulasi tahap ke-2 Ujian Nasional Berbasis Komputer akan dilaksanakan pada tgl ...'

    UNBK

    'Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk semua program keahlian akan dilaksanakan ...'

    Lihat Semua Agenda