Persami Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Depan Airlangga 09. 157 / 158 Pangkalan SMKN 1 Tempeh

22 Agustus 2017
04:37:38 WIB

SMKN 1 TEMPEH beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 12 agustus 2017, menyelenggarakan agenda tahunan yakni PERSAMI PENERIMAAN TAMU AMBALAN, yang bertempat di SMKN 1 TEMPEH, sama hal nya seperti sekolah yang lain, yang terdapat binaan penegak selalu meyelenggarakan persami, dengan tujuan sebagai penyambutan,  mereka resmi menjadi bagian dari penegak SMKN 1 TEMPEH, dan juga sebagai bagian dari GUGUS DEPAN AIRLANGGA.

Meskipun penyelenggaraan persami penerimaan tamu ambalan pokok kegiatan hanya pada saat upacara penerimaan tamu ambalan, karena di sana perwakilan kelas X di Tanya jawab oleh KAMABIGUS perihal kesediaan terhadap gugus depannya. Di antaranya kesediaan dalam menjaga nama baik gugus depan dan sekolah. Namun juga kami selaku sie, kegiatan bersama berkerja sama dengan Pembina dan Dewan Ambalan SMKN 1 TEMPEH untuk membuat pelaksaan persami kali ini menjadi berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Karenanya setelah mengadakan pertemuan bersama dewan Ambalan, Maka di putuskanlah agenda ynag akan di laksanakan pada saat persami, meliputi LOMBA POSTER, LOMBA MASAK, LOMBA CERDAS CERMAT inilah beberapa kegiatan baru yang kami gagas untuk menyemarakkan persami tahun ini. Kenapa harus dengan kok ada lombanya, padahal hanya sebatas persami, disinilah letak kejeniusan Pembina gugus depan kami KAK HARIS, karena beliau ingin menanamkan jiwa kompetisi, agar penegak SMKN 1 TEMPEH kelak terbiasa jika harus di kirim untuk mewakili sekolah dalam ajang lomba yang lain.

 

 

Bukan hanya bersenang senang saja, tetapi juga pengalaman baru yang adik adik dapatkan dalam acara persami kali ini, sesuai dengan agenda yang sudah di susun oleh Dewan Ambalan hari jumat sore adik adik kelas X sudah mulai mendirikan tenda, sesuai dengan kapling perkemahan mereka, dan disinilah kemandirian mereka di uji, bagaimana mendirikan tempat tinggal mereka sendiri, yang aman dan nyaman, tentunya dengan kerja sama yang baik antar anggota sangga.

Inilah waktu yang di tunggu tunggu, hari sabtu tanggal 12 agustus 2017, adik adik kelas X sudah mulai berdatangan ke SMKN 1 TEMPEH, untuk mulai kagiatan meraka, karena disinilah mereka akan berjuang, kenapa saya istilahkan berjuang, krena dari 19 sangga yang ada hanya akan di pilih 3 sangga terbaik putra, dan 3 sangga terbaik putri, dari sangga terbaik ini hanya ada 3 sangga yang akan memperebutkan 3 piala, entah sangga putra maupun sangga putri.

Seperti yang telah di agendalan oleh sie, Kegiatan jam 7 adik adik kelas X dikumpulkan di lapangan upacara untuk melaksanakan apel pemberangkatan kegiatan JELAJAH MEDAN, dan masing masing sangga harus mengirimkan 1 orang untuk mengikuti kegiatan LOMBA POSTER, perlu di ketahui dalam kegiatan JELDAN, adik adik kelas X juga di hadapkan dengan beberapa tantangan, diantaranya out bond, tali temali juga ada kegiatan tekspram atau mengerjakan soal soal berkaitan dengan kepramukaan. Sesampainya di SMK setelah kegiatan JELDAN usai, kegiatan adik adik dilanjutkan dengan Cerdas Cermat, yg di wakili oleh 1 orang dari masing masing sangga, adapun soal yang di berikan meliputi TeksPram, pengetahuan umum dan Soal tentang SMKN 1 TEMPEH.

Agenda Cerdas Cermat telah Usai, adik adik memasuki waktu ISHOMA, di sini ,mereka memasak sendiri, karena tahun ini di rancang agar adik adik memasak sendiri untuk kebutuhan konsomsi mereka, sekaligus persiapan untuk upacara penerimaan yang di jadwalkan pukul 14.30 , Tepat pukul 14.30  upacra penerimaan tamu ambalan di mulai, upacara ini di hadiri oleh jajaran dewan guru dan perwakilah dari KWARRAN TEMPEH. Dalam upacara ini juga terdapat penancapan pusaka ambalan dan penyiraman air suci oleh Pembina upacara kepada perwakilan kelas X, sebagai simbol resminya mereka menjadi keluarga besar GUGUS DEPAN AIRLANGGA.

 

 

Yang menjadi salah satu pokok dari acara persami adalah api unggun, sama halnya seperti kegiatan persami sebelumnya, kegiatan upacara api unggun dilaksanakan di halaman belakang, dengan sistem luncuran sebagai penyala api unggun, tepat jam 19.30 adik adik kelas X dengan berpakaian seragam pramuka lengkap di kumpulkan di halaman upacra untuk melaksanakan upacara api unggun , adapun petugas pengucap dasadharma merupakan adik adik kelas X, dan yang menjadi Pembina adalah Kak MASHUDI, S.Pd, setelah semua proses upacara api unggun selesai, adik adik di kumpulkan di lapangan basket untuk melaksanakan kegiatan pestas seni. Walaupun hujan sempat turun beberapa saat namun tidak menyurutkan semangat adik adik dalam menjalankan pentas seni.

Esok paginya, salah satu agenda baru yang tidak ada di persami tahun sebelumnya, yakni LOMBA MEMASAK, adik adik di bebaskan untuk memasak apapun, dengan di beri waktu kurang lebih 90 menit, dalam ekspetasi kami adik adik akan memasak seenakknya sendiri pokoknya selesai, ternyata tidak, sangat jauh dari pemikiran kami, sampai sampai pada saat proses penjurian LOMBA MEMASAK, yang di hadiri langsung oleh KAMABIGUS SMKN 1 TEMPEH Kak WIDODO SUDIYONO , beliau samgat kaget bahwa masakan yang di sajikan oleh adik adik sperti halnya di restoran , dalam hal penataan dan memberi hiasan pada makanan yang di sajikan, kalau masalah rasa sih nano nano ya, kenapa saya bilang nano nano, karena ada masakan yang terlalu pedas, terlalu asin dan ada juga yang keterlaluan rasanya, tapi yah itu pramuka, walupun hal baru harus tetap di lakukan, demi menambah pengalaman.

Semua kegiatan yang telah di rancang oleh kakak DA sudah silaksanakan, ada 1 kegiatan tambahan untuk para sangga terbaik demi memperebutkan 3 piala, yakni KIM atau Ketajaman Indra Manusia, disini mereka di minta menebak nama tanaman obat dengan cara merasakan dan mencium, alhasil banyak yang tidak mengerti apakah nama tanaman obat tersebut. Sesudah kegiatan KIM usai, maka di putuskan ada 3 sangga yang berhasil mendapatkan piala. Kegiatan upacara penutupan adalah punvak dari rangkaian persami tahun ini, Kak WIDODO bertindak sebagai Pembina upacara. Inilah sekilas cuplikan dari rangkaian kegiatan PERSAMI PENERIMAAN TAMU AMBALAN SMKN 1 TEMPEH.

 

 
 

 

0 Komentar

    Form Komentar

    Sambutan Kepala SMKN 1 Tempeh

    “Keberadaan Kami Mencerdaskan Anda”   Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera buat kita

    Agenda

    UNBK

    'Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk semua program keahlian akan dilaksanakan ...'

    SIMULASI II UNBK

    'Simulasi tahap ke-2 Ujian Nasional Berbasis Komputer akan dilaksanakan pada tgl ...'

    Lihat Semua Agenda