TEACHING FACTORY SMK NEGERI 1 TEMPEH TAHUN 2019

29 Agustus 2019
09:03:10 WIB

Mendorong kompetensi siswa di era revolusi industri 4.0, serta program link and match lulusan dari SMK dengan Industri, dengan memantapkan langkah SMK Negeri 1 Tempeh membuka Teaching Factory untuk program keahlian otomotif kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pelayanan yang sinergi antara sekolah sebagai lembaga pendidikan vokasi dan Industri sebagai basis tolak ukur program dan kontrol, sehingga untuk mewujudkan pelayanan tersebut diperlukan program teaching factory dengan membuka bengkel motor  yang bekerjasama dengan YAMAHA (PT Roda Sakti Surya Megah Area Malang) untuk membentuk karakter kerja dan wirausaha handal dan kompeten.

Program Tefa SMK Negeri 1 Tempeh telah dibuka pada tanggal 13 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Pihak Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala SMK yang belum melakukan Tefa serta Manager PT Roda Sakti Surya Megah Area Malang yang akrab dipanggil Mas Ivan.

Dalam kesempatannya Mas Ivan menyampaikan bahwa Sekolah harus menyelaraskan antara pendidikan yang didapat siswa ketika dibangku sekolah dengan yang dibutuhkan ketika siswa tersebut bekerja. Beliau juga menyampaikan bahwa selain dibutuhkan kompetensi yang mumpuni di bidang otomotif seorang petugas service sepeda motor juga harus mampu berkomunikasi dengan baik.

Sistem program Tefa terintegrasi dengan program pembelajaran di sekolah, pelaku kegiatan pembelajaran adalah Mekanik Expert, Guru Pembimbing, dan peserta didik. Kompetensi keahlian TBSM menjadi pokok pelaksanaan karena sebagian besar melibatkan peserta didik kompetensi keahlian TBSM tingkat XI dan XII.

Bentuk layanan yang di berikan berupa :

1.        Service Berkala (ringan)

2.        Service Berat

3.        Penggantian Spare Part (Fast moving)

4.        Penjualan Spare part

5.        Injector Cleaner

6.        Scan, diag untuk Fuel Injection

7.        Engine Perfomance setting (dino test)

8.        Pencucian Kendaraan

 

Layanan tersebut terintegrasi dengan program pembelajaran TBSM didalam KI dan KD yg telah disusun dalam Modul dan Jobsheet, dan setiap pelaksanaan diawasi dan di bimbing dan di evaluasi oleh Expert mekanik dan Guru Pembimbing. Kondisi bengkel di setting sesuai dengan standart bengkel Yamaha. Peralatan standar bengkel Yamaha Mekanisme pelayanan standar bengkel Yamaha dan proses administrasi pembayaran dan history memakai program admin.

“Semoga dengan dibukanya Program Teaching Factory di SMK Negeri 1 Tempeh dapat mengembangkan kempetensi siswa, sehingga dapat memenuhi kebutuhan Dunia Industri” Tutur Bapak Widodo Selaku kepala SMK Negeri 1 Tempeh.

 

0 Komentar

    Form Komentar

    Sambutan Kepala SMKN 1 Tempeh

    “Keberadaan Kami Mencerdaskan Anda”   Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera buat kita